EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN PENDIDIKAN TERHADAP PENGENALAN KOSAKATA DASAR BAHASA INGGRIS

Rochmah, Evy Nur (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN PENDIDIKAN TERHADAP PENGENALAN KOSAKATA DASAR BAHASA INGGRIS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_FIP_KTP_Evy Nur Rochmah_08105244008.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film kartun pendidikan terhadap pengenalan kosakata dasar bahasa inggris pada siswa TK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK B Islamic Centre Guppi Sleman yang berjumlah 30 siswa, dimana 15 siswa B1 sebagai kelompok eksperimen dan 15 siswa B2 sebagai kelompok kontrol. Desain penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design. Instrument yang digunakan adalah instrument test obyektif pilihan ganda (Multiple choice) dan observasi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi (content validity), validitas butir instrument diuji dengan menggunakan korelasi product moment, sedangkan untuk reliabilitas intrumen diuji dengan menggunakan rumus KR-20. Untuk analisis data digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media film kartun berpengaruh terhadap pengenalan kosakata dasar bahasa Inggris secara signifikan. Hal ini ditunjukkan pada hasil rata-rata pre-test kelompok eksperimen sebesar 53,33 dan nilai rata-rata post-test sebesar 86,67 dengan hasil uji-t. Hasil nilai kelompok kontrol diperoleh rata-rata pre-test sebesar 54,67 dan nilai rata-rata post-test sebesar 66,67 dengan hasil uji-t. Sehingga dapat terlihat jelas rata-rata pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Dengan demikian, penggunaan media film kartun pendidikan memiliki efektivitas yang tinggi dari pembelajaran konvensional yang hanya menggunakan buku teks dalam pengenalan kosakata dasar bahasa Inggris. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film kartun berpengaruh dalam pengenalan kosakata dasar bahasa Inggris siswa TK secara signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 05 Oct 2012 02:14
Last Modified: 29 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6503

Actions (login required)

View Item View Item