PENERAPAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 MAGELANG

Kurniawan, Oni (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. daftar pustaka.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk menetahui apakah model pembelajaran problem base learning dapat memperbaiki hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran TDO SMK N 1 Magelang. Proses persiapan hingga pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2019 sampai dengan tanggal 23 Juni 2019, penelitian di SMK N 1 Magelang. Pemberian tindakan hanya dilakukan menggunakan 1 siklus dengan memakai 2 kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X OA pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) semester genap, jumlah siswa dalam kelas 32 orang, dengan 1 siswa sudah keluar sehingga jumlah siswa 31. Pengambilan data dilakukan dengan cara tes, pengamatan dan dokumentasi. Data diolah secara kuantitatif berdasarkan hasil pengambilan data dari tindakan menggunakan PBL. Indikasi keberhasilan tindakan minimal 75% siswa mencapai nilai Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) dengan nilai minimal 75. Dari data hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X OA pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif SMK N 1 Magelang. Rata-rata hasil belajar siswa siswa meningkat dari data sebelum tindakan 74.35 menjadi 79.35 pada siklus I. Jika melihat ketuntasannya dari data awal presentase ketuntasan siswa 58.06% meningkat menjadi 90.32%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Problem Base Learning. TDO
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2019 07:49
Last Modified: 01 Aug 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65023

Actions (login required)

View Item View Item