IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS HONDA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK BISNIS SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Astuti, Melinda (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS HONDA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK BISNIS SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 5.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui implementasi program kelas Honda pada kompetensi keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor di SMK Muhammadiyah Prambanan dilihat dari beberapa aspek, (a) Penerapan kurikulum, (b) pelatihan guru (c) Praktik kerja industri, (d) sarana dan prasarana, (e) proses pembelajaran (f) evaluasi dan monitoring, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program kelas Honda Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian adalah kepala jurusan Teknik Mekanik Otomotif dan wakil kepala sekolah urusan kurikulum. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas isi dengan berdasar pertimbangan ahli atau expert judgement. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) implementasi program kelas Honda di SMK Muhammadiyah Prambanan telah terlaksana. Keenam aspek pada program kelas Honda yaitu penerapan kurikulum, pelatihan guru, praktik kerja industri siswa, proses pembelajaran, sarana dan prasarana serta monitoring dan evaluasi diketahui sudah terlaksana. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum, proses pembelajaran serta monitoring dan evaluasi kelas honda telah berjalan dan sesuai, kelayakan sarana dan prasarana program dalam kategori sangat layak, pelatihan guru dan praktik kerja industri siswa kurang sesuai.; (2) faktor pendukung dalam pelaksanaan program kelas Honda yaitu adanya dukungan dari pemerintah berupa kebijakan link and match, komitmen sekolah dan industri, antusiasme masyarakat, antusiasme guru dan siswa, sarana dan prasarana yang tersedia dan memadai serta peluang berwirausaha pada bidang bengkel sepeda motor tinggi, sedangkan faktor penghambat program kelas ini adalah sarana dan prasarana harus berstandar AHM, guru tidak fokus ke program kelas Honda dan pelatihan yang diberikan oleh Honda kepada guru masih tergolong kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Kelas, Kompetensi Keahlian, Teknik Bisnis Sepeda Motor
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2019 07:44
Last Modified: 01 Aug 2019 07:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65022

Actions (login required)

View Item View Item