PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( IPS ) MATERI GEJALA ATMOSFER BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I KALIKOTES KLATEN

Cahya, Septian Dwi (2012) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( IPS ) MATERI GEJALA ATMOSFER BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I KALIKOTES KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_FIP_KTP_Septian Dwi Cahya_07105244002.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran mata pelajaran IPS bagi kelas VII sebagai sumber belajar yang layak digunakan dalam kegiatan belajar baik secara individu maupun kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development ). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu: penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan dan produksi, validasi ahli, uji coba lapangan dan revisi. Setelah analisis kebutuhan diterjemahkan ke dalam desain kemudian dihasilkan produk awal untuk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu: uji coba lapangan terbatas (3 siswa ), uji coba lapangan lebih luas ( 6 siswa ), dan uji coba operasional (20 siswa ). Subjek uji coba dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP N I Kalikotes Klaten. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi saat uji coba kemudian data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran untuk mata pelajaran IPS Geografi bagi siswa kelas VII SMP dengan materi “Gejala Atmosfer” sudah tervalidasi secara konsep dan empiris memenuhi kriteria. Segi pembelajaran diperoleh skor 4,21 (kriteria baik), segi isi diperoleh skor 4,24 (kriteria sangat baik), dan segi tampilan diperoleh skor 4,28 (kriteria sangat baik). Produk multimedia pembelajaran IPS ini memiliki fitur sebagai berikut: tampilan menggunakan gambar diam dan gerak, gambar ( figur) dan background dibuat kontras, font menggunakan bentuk Calibri, konsistensi tombol navigasi, menggunakan aspek animasi. Dari hasil uji konseptual dan empiris yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran mata pelajaran IPS Untuk Kelas VII SMP dengan materi “Gejala Atmosfer” sudah layak digunakan oleh siswa SMP Kelas VII sebagai salah satu sumber belajar alternatif bagi siswa untuk mempermudah pemahaman materi .

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 05 Oct 2012 02:14
Last Modified: 29 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6501

Actions (login required)

View Item View Item