PENGEMBANGAN RANCANGAN GEOMETRI SUSPENSI PADA MOBIL FORMULA GARUDA 2017

Lurudancang, Gea (2019) PENGEMBANGAN RANCANGAN GEOMETRI SUSPENSI PADA MOBIL FORMULA GARUDA 2017. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (582kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Membuat rancangan suspensi geometri Formula Garuda 18 dangan nilai wheel rate, scrub radius, vertical location roll center dan camber change lebih kecil dari rancangan suspensi geometri Formula Garuda 17 agar mobil formula garuda dapat melintasi tikungan dengan kecepatan tinggi tanpa mengalami understeer, (2) Membuat rancangan suspensi geometri Formula Garuda 18 dangan nilai roll steer dan toe angle change lebih kecil dari rancangan suspensi geometri Formula Garuda 17 agar dapat mobil tetap stabil melintasi tikungan dengan kecepatan tinggi, (3) Membuat rancangan suspensi geometri Formula Garuda 18 dengan nilai dive breaking dan squat acceleration yang lebih randah dari rancangan suspensi geometri Formula Garuda 17 agar mobil formula dapat keluar dari tikungan dengan respon akselerasi yang baik dan melakukan pengereman dengan sedikit body roll. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE. Objek penelitian ini adalah desain dari rancangan geometri suspensi mobil Formula Garuda 17 untuk membuat mobil Formula Garuda 18 dan melombakan mobil dalam kompetisi student formula japan pada tahun 2018. Alat pengumpulan data untuk melakukan penelitian ini adalah travel sensor yang membaca travel suspensi saat mobil cornering dan nantinya akan dimasukan sebagai parameter pada software Adams untuk disimulasi kinematika kendaraan kemudian dari koordiat dari Adams dimasukan software SolidWorks untuk dibuat 3D model. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perolehan nilai pada design event dan perolehan waktu pada lintasan skidpad, autocross dan endurance di student formula japan pada tahun 2018 lebih baik dari tahun 2017 dengan mobil yang hanya dirubah pada geometri suspensinya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Geometri Suspensi, Rancangan, Mobil Formula Garuda, Formula Student Japan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2019 06:59
Last Modified: 01 Aug 2019 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65009

Actions (login required)

View Item View Item