PENGARUH LATIHAN BOLA GANTUNG BISA LEPAS TERHADAP KEMAMPUAN SMASH ROLL SPIKE PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW DI SMA N 1 BAWANG KABUPATEN BATANG

Widyatmoko, Wisnu (2019) PENGARUH LATIHAN BOLA GANTUNG BISA LEPAS TERHADAP KEMAMPUAN SMASH ROLL SPIKE PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW DI SMA N 1 BAWANG KABUPATEN BATANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi_wisnu widyatmoko_13601244025.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh latihan bola gantung bisa lepas terhadap kemampuan smash roll spike pada peserta ekstrakurikuler sepak takraw di SMA N 1 Bawang kabupaten Batang yang dilatar belakangi oleh kurangnya variasi dalam latihan melakukan smash roll spike yang menyebabkan kegagalan pada perkenaan kaki dengan bola saat menendang bola di udara saat melakukan smash. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian eksperimen semu, dengan pretest dan posttest dimana dalam penlitian ini tidak ada kelompok pembanding. Subjek penelitian adalah peserta ekstrakurikuler sepak takraw di SMA N 1 Bawang yang berjumlah 20 peserta. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan smash roll spike oleh M. Husni Thamrin (2008:15). Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t (paired sample t test) yaitu membandingkan hasil pretest dengan posttest pada kelompok eksperimen. Hasil analisisi uji t paired sampel t test pada kemampuan smash roll spike pada peserta ekstrakurikuler sepak takraw di SMA N 1 Bawang telah diperoleh nilai t hitung (3,831) > t tabel (1,729), dan nilai p (0,000) < dari 0,05, hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel, dengan demikian disimpulkan ada pengaruh pengaruh latihan bola gantung bisa lepas terhadap kemampuan smash roll spike pada peserta ekstrakurikuler sepak takraw di SMA N 1 Bawang kabupaten Batang, peningkatan kemampuan smash roll spike diperoleh sebesar 13,42 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bola gantung bisa lepas, kemampuan smash roll spike, ekstrakurikuler, sepak takraw
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Aug 2019 07:02
Last Modified: 01 Aug 2019 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65006

Actions (login required)

View Item View Item