Wicaksono, Dedy (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI JURUSAN TKRO SMKN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrack.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (632kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Project Based Learning terhadap keaktifan siswa mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di SMK N 2 Yogyakarta, (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Project Based Learning terhadap hasil belajar kogntif mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian pretest-postest control group desain. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI TKRO 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI TKRO 4 sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol diberi perlakuan dengan penerapan model Project Based Learning dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Alat pengumpulan data ini berupa tes dan lembar observasi. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap keaktifan dan hasil belajar menggunakan analisis independent sample t-test serta analisis deskriptif untuk menggambarkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil independent sample t-test untuk hasil belajar diperoleh t hitung > t tabel yaitu 5,285 > 2,201 , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai signifikansi hasil pre-test 0.00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil uji-t keaktifan siswa diperoleh hasil bahwa t hitung > t tabel yaitu 4,002> 2,201 , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai signifikansi t 0.00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima., Hal ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan keaktifan siswa yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode Project Based Learning terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di SMK N 2 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Project Based Learning, Kaeaktifan siswa, Hasil Belajar |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 04:10 |
Last Modified: | 01 Aug 2019 04:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64995 |
Actions (login required)
View Item |