PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X REKAYASA PERANGKAT LUNAK SMK NEGERI 2 MAGELANG

Purnama, Rafit (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X REKAYASA PERANGKAT LUNAK SMK NEGERI 2 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.cover.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.bab I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.bab II.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.bab III.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.bab V.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.daftar pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) membangun multimedia pembelajaran interaktif dalam pemrograman dasar (2) mengetahui kelayakan media yang sesuai dengan standar atau kriteria kelayakan media pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) meliputi (a) potensi dan masalah, (b) pengumpulan data, (c) desain produk, (d) validasi desain (e) revisi desain (f) pembuatan produk (g) uji coba produk (h) revisi produk 1 (i) uji coba pemakaian (j) revisi produk 2 (k) produk masal. Produk media yang dikembangkan melibatkan subjek penelitian sebanyak 60 siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar untuk keahlian rekayasa perangkat lunak SMK Negeri 2 Magelang, Jawa Tengah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner skala likert dengan lima pilihan jawaban yang digunakan untuk memproleh data tingkat kelayakan multimedia pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pemrograman dasar dapat menjadi variasi media untuk pembelajaran (2) multimedia pembelajaran interaktif pada pemrograman dasar terdiri dari beberapa unsur seperti materi yaitu tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi, video dan evaluasi pilihan ganda dapat digunakan untuk belajar secara mandiri maupun bersama guru pengampu, (3) tingkat kelayakan multimedia pembelajaran interaktif ditinjau dari: (a) aspek media dinyatakan oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 71,57% dengan kategori “Layak”, (b) aspek materi oleh ahli materi 1 diperoleh persentase sebesar 84% dan oleh ahli materi 2 diperoleh 94% dengan kategori “Sangat Layak” (c) aspek media dan materi oleh pengguna 1 atau siswa diperoleh persentase 73,77% dan pengguna 2 atau siswa diperoleh persentase sebesar 79,81% dengan kategori “Layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran pemrograman dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia pembelajaran, interaktif, pemrograman dasar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2019 02:12
Last Modified: 01 Aug 2019 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64982

Actions (login required)

View Item View Item