PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG BERBASIS SKETCHUP 3D TINGKAT DASAR KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN

Octadio, Andre Arditya (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG BERBASIS SKETCHUP 3D TINGKAT DASAR KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 2.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 3.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 4.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 5.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung (APL-PIG) berbasis SketchUp pada kompetensi keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Pajangan, (2) mengetahui hasil dan tingkat kelayakan yang diperoleh dari pengujian validasi modul oleh ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (four-D) Thiagarajan, meliputi tahapan define (pendefisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa angket dengan empat skala Likert yang divalidasi oleh dosen sesuai keahlian. Angket digunakan untuk menguji kelayakan modul melalui validasi ahli materi dan ahli media. Penilaian modul juga dilakukan oleh guru mata pelajaran APL-PIG selaku calon pengguna. Hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran APL-PIG di SMK N 1 Pajangan, bahwa pengujian validasi materi oleh ahli materi mendapat skor 3,75 dengan predikat “sangat layak”. Hasil pengujian validasi media oleh ahli media mendapat skor 3,24 dengan predikat “layak”. Hasil dari pengujian validasi oleh guru mata pelajaran APL-PIG dalam aspek materi mendapat skor 3,67 dengan predikat “sangat layak”, sedangkan aspek tampilan media mendapat skor 3,78 dengan predikat “sangat layak”. Hal-hal yang dapat mempengarui kelayakan adalah (a) Memperhatikan format penyusunan modul yang benar agar tidak serupa dengan buku, karena modul dan buku berbeda, (b) Memperhatikan proporsi jam tatap muka (JP) pada silabus agar disesuaikan dengan isi materi pada modul, agar tidak terjadi kelebihan atau terjadi kekurangan jam pelajaran ketika modul digunakan pada proses pembelajaran dikelas, (c) Materi modul disesuaikan dengan kebutuhan siswa setelah lulus dari sekolah ketika memasuki dunia kerja, (d) Memperhatikan kejelasan dan pemilihan warna font atau gambar pada pembuatan modul, dengan pertimbangan ketika modul dicetak dengan format warna hitam-putih modul masih dapat dipahami dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SketchUp 3D, modul, dan Interior
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2019 01:48
Last Modified: 01 Aug 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64981

Actions (login required)

View Item View Item