PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG BERBASIS SKETCHUP 3D TINGKAT LANJUT KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN

Wibowo, Agus (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG BERBASIS SKETCHUP 3D TINGKAT LANJUT KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung berbasis SketchUp pada kompetensi keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK N 1 Pajangan, (2) mengetahui hasil dan tingkat kelayakan yang diperoleh dari pengujian validasi modul oleh ahli materi, ahli media dan pengguna modul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (four-D) Thiagarajan, meliputi tahapan define (pendefisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini tidak sampai tahap disseminate dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan empat skala Likert yang divalidasi oleh dosen sesuai keahlian. Angket digunakan untuk menguji kelayakan modul melalui validasi ahli materi dan ahli media. Penilaian modul juga dilakukan oleh guru selaku calon pengguna. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan (1) pengembangan modul dengan model 4D pada tahap define modul terdiri dari 4 KD dan menghasilkan 5 BAB materi pelajaran, pada tahap design menyusun modul sesuai dengan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang telah dibuat, pada tahap develop ahli materi memberi masukan modul sudah cukup baik, sedangkan ahli media perlu revisi huruf dan pencantuman sumber, dan pada tahap disseminate penyebaran modul hanya sebatas internal SMK Negeri 1 Pajangan, (2) penilaian validasi modul pembelajaran APL-PIG di SMK N 1 Pajangan, berdasarkan pengujian validasi materi oleh ahli materi mendapat skor 3,67 dengan predikat “sangat layak”. Hasil pengujian validasi media oleh ahli media mendapat skor 3,48 dengan predikat “sangat layak”. Hasil dari pengujian validasi oleh guru mata pelajaran APL-PIG dalam aspek materi mendapat skor 3,46 dengan predikat “sangat layak”, sedangkan aspek tampilan media mendapat skor 3,55 dengan predikat “sangat layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul, interior, SketchUp, 3D
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2019 01:26
Last Modified: 01 Aug 2019 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64979

Actions (login required)

View Item View Item