PENGEMBANGAN MEDIA CD AUDIO UNTUK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V SEKOLAH DASAR

Tensiaji, Dani (2012) PENGEMBANGAN MEDIA CD AUDIO UNTUK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_FIP_KTP_Dani Tensiaji_06105244013.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan media CD audio sebagai salah satu sumber belajar pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V sekolah dasar; mengetahui kualitas media CD audio dtinjau dari aspek isi, pembelajaran dan tampilan media CD audio pembelajaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang mengacu panduan Brog dan Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Puren. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan angket. Adapun metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media CD audio untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan (IPS) kelas V sekolah dasar yang dilaksanakan di SD Negeri Puren dikategorikan baik untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji pelaksanaan lapangan menunjukkan kelayakan media CD audio untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan (IPS) kelas V sekolah dasar yang dilaksanakan di SD Negeri Puren layak digunakan dengan hasil presentase keseluruhan 93% memenuhi kriteria “baik” artinya layak digunakan. Hasil tersebut dapat dirinci tiap indikator,yaitu kejelasan materi yang disampaikan baik yaitu 96,9%, kedalaman materi yang disampaikan baik yaitu 96,9%, kesesuaian materi dengan standar kompetensi baik yaitu 100%, pemahaman tokoh baik yaitu 87,5%, kemudahan memahami materi baik yaitu 90,6%, daya dukung media untuk membantu belajar baik yaitu 100%, kepraktisan,kemudahan penggunaan media baik yaitu 84,4%, keamanan bahan kemasan baik yaitu 93,8%, desain grafis kemasan baik yaitu 87,5%, intonasi suara baik yaitu 93,8%, kejelasan ucapan narator baik yaitu 93,8%, tempo ucapan baik yaitu 87,5%, penggunaan bahasa baik yaitu 90,6%, ilustrasi dan sound effect yang digunakan baik yaitu 100%, kejelasan isi media baik yaitu 87,5%, kemudahan memahami isi media baik yaitu 90,6%, dan kejelasan petunjuk belajar/penggunaan media baik yaitu 96,9%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan secara keseluruhan media CD audio untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan (IPS) kelas V sekolah dasar layak digunakan untuk mengembangkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk siswa sekolah dasar kelas V.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 05 Oct 2012 02:15
Last Modified: 29 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6497

Actions (login required)

View Item View Item