PENGALAMAN PRAKTIK MAHASISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN

Yudhamatara, Yohanes Arga (2019) PENGALAMAN PRAKTIK MAHASISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengalaman mahasiswa dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan. Penelitian ini adalah penelitian pedekatan kualitatif dengan metode pengambilan data menggunakan metode studi dokumen. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen perkuliahan Aktifitas luar kelas dan kepramukaan. Teknik analisis data menggunakan sistem koding yang diawali dengan percarian kata kunci terlebih dahulu kemudian mempelajari kata kunci tersebut dan menuliskan model yang ditemukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa praktik dalam kegiatan ekstrakurikuler memberikan pengalaman kepada mahasiswa yang sangat bermakna dan bermanfaat. Praktik memberikan makna yang sangat berkesan dan tidak terlupakan. Penelitian ini juga memberikan makna bagi mahasiswa itu sendiri maupun sebagai calon guru. Praktik ini juga memberikan manfaat kepada mahasiswa tentang gambaran ketika menjadi seorang guru kelak. Pengalaman adalah segala sesuatu yang terjadi pada hidup. Pengalaman yang merubah sikap adalah pengalaman yang memiliki makna. Sesuai dengan hasil penelitian ini yang memberikan makna yang berharga bagi mahasiswa. Penelitian ini juga mengarah pada tujuan kegiatan ekstrakurikuler yang meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini juga memenuhi tujuan dari ektrakurikuler yaitu meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam melaksanakan perkuliahan aktivitas luar kelas dan kepramukaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengalaman praktik, ekstrakurikuler, kepramukaan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2019 09:11
Last Modified: 31 Jul 2019 09:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64968

Actions (login required)

View Item View Item