PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA JAWA UNTUK SISWA KELAS IV SD NETRAL C YOGYAKARTA

Nursiwi Mardiyani, Dwi (2012) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA JAWA UNTUK SISWA KELAS IV SD NETRAL C YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_FIP_KTP_Dwi Nursiwi Mardiyani_07105241003.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran Bahasa Jawa yang layak dan dapat digunakan oleh siswa kelas IV Sekolah Dasar tentang unggah-ungguh basa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu pendahuluan, pengembangan model, dan uji coba model. Tahap pertama adalah pendahuluan yang meliputi studi pustaka dan studi lapangan. Tahap kedua adalah pengembangan yang meliputi perencanaan dan pengembangan produk awal. Tahap ketiga adalah uji lapangan meliputi uji coba individual yang terdiri dari 3 siswa, uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 5 siswa dan uji coba lapangan yang terdiri dari 15 siswa. Sebelum diujicobakan, produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah pedoman observasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1 ) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran Bahasa Jawa kelas IV SD dilaksanakan sesuai prosedur pengembangan media yang meliputi penelitian pendahuluan, perencanaan, produksi/ pengembangan media, dan revisi, sedang evaluasi terhadap pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dikembangkan sesuai dengan prosedur evaluasi pengembangan media meliputi uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. (2 ) Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan kelayakan pada aspek pembelajaran sebesar 4,20 (kategori baik), kelayakan pada aspek isi sebesar 4,00 (kategori baik), hasil validasi oleh ahli media menunjukkan kelayakan pada aspek tampilan sebesar 4,10 (kategori baik), kelayakan aspek pemrograman sebesar 3,77 (kategori baik). Rata-rata hasil uji coba lapangan multimedia pembelajaran interaktif menunjukkan skor 4,25 (kategori sangat baik ). Hasil penilaian ini menunjukkan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran interaktif Bahasa Jawa layak untuk menjadi media pembelajaran dan sumber belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 05 Oct 2012 02:15
Last Modified: 29 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6496

Actions (login required)

View Item View Item