PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PJOK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 OLEH GURU SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO

Yunitiastuti, Lonika (2019) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PJOK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 OLEH GURU SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas penggunaan media pembelajaran PJOK berdasarkan kurikulum 2013 oleh guru Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PJOK di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 23 guru dari 24 Sekolah Dasar Negeri, yang diambil menggunakan incidental sampling. Teknik analisis data ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran PJOK berdasarkan kurikulum 2013 oleh guru Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 13,04% (3 guru), “rendah” sebesar 17,39% (4 guru), “cukup” sebesar 39.13% (9 guru), “tinggi” sebesar 26.09% (6 guru), dan “sangat tinggi” sebesar 4,35% (1 guru). Berdasarkan nilai rata-rata yaitu 67,65,penggunaan media pembelajaran guru PJOK berdasarkan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo dalam kategori “cukup”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, guru PJOK, kurikulum 2013
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2019 07:35
Last Modified: 31 Jul 2019 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64958

Actions (login required)

View Item View Item