EFEKTIFITAS MASASE TERAPI CEDERA OLAHRAGA TERHADAP NYERI TUMIT DAN NYERI OTOT TIBIALIS PADA ATLET FUTSAL SMA NEGERI 1 CIAMIS

Sa'roni, Aap Subhan (2019) EFEKTIFITAS MASASE TERAPI CEDERA OLAHRAGA TERHADAP NYERI TUMIT DAN NYERI OTOT TIBIALIS PADA ATLET FUTSAL SMA NEGERI 1 CIAMIS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
AAP SUBHAN SA'RONI (15603141022).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Olahraga futsal merupakan pengganti olahraga sepakbola yang sering terjadinya body contac dan rawan akan cedera. Olahraga futsal merupakan olahraga yang berintensitas tinggi yang di tandai dengan adanya aktivitas berlari secara berulangulang dengan waktu yang relatif lama sehingga beresiko cedera pada kaki. Gangguan nyeri tumit dan nyeri otot tibialis banyak terjadi pada pemain futsal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas masase terapi cedera olahraga terhadap nyeri tumit dan nyeri otot tibialis pada atlet futsal SMA Negeri 1 Ciamis. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain ektrakurikuler futsal SMAN Negeri 1 Ciamis. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik Purposive Sampling berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi sehingga didapatkan sampel sebanyak 30 orang diantaranya 15 orang mengalami keluhan nyeri tumit dan 15 orang mengalami keluhan nyeri otot tibialis. Data yang dikumpulkan adalah derajat nyeri tumit da nyeri otot tibialis sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisi data menggunakan analisis deskriptif dan uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas menggunakan metode Kolmogrof-Smirnof dan Shafiro-walk, uji homogenitas menggunakan uji Levane Test, dan di analisis dengan uji hipotesis menggunakan Paired Sample t-Test untuk menjawab hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa masase terapi cedera olahraga efektif terhadap penurunan rasa nyeri tumit dan nyeri otot tibialis pada atlet futsal SMA Negeri 1 Ciamis. Penelitian ini menjukan adanya perbedaan rata-rata nilai nyeri antara nyeri pada sebelum perlakuan (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: masase terapi cedera olahraga, nyeri tumit, nyeri otot tibialis
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2019 05:03
Last Modified: 31 Jul 2019 05:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64941

Actions (login required)

View Item View Item