PENGARUH METODE LATIHAN MASSED PRACTICE, DISTRIBUTED PRACTICE DAN KOORDINASI MATA-KAKI TERHADAP KETEPATAN SHOOTING KE GAWANG DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA USIA 14 TAHUN SSB GAMA YOGYAKARTA TAHUN 2018

Anggiansyah, Johan (2019) PENGARUH METODE LATIHAN MASSED PRACTICE, DISTRIBUTED PRACTICE DAN KOORDINASI MATA-KAKI TERHADAP KETEPATAN SHOOTING KE GAWANG DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA USIA 14 TAHUN SSB GAMA YOGYAKARTA TAHUN 2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi johan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya perbedaan pengaruh metode latihan massed practice dan distributed practice terhadap ketepatan shooting ke gawang dalam permainan sepakbola. (2) Ada tidaknhya perbedaan ketepatan shooting ke gawang dalam permainan sepakbola antara siswa yang memiliki koordinasi mata-kaki tinggi dengan siswa yang memiliki koordinasi mata-kaki rendah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen rancangan anava 2 X 2. Populasi dan sampel dalam penelitian ini siswa usia 14 tahun SSB Gama Yogyakarta tahun 2018 berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian berdasarkan ciri kelompok umur yaitu usia 14 tahun. Sampel minimal telah 1 tahun mengikuti pembinaan di SSB Gama Yogyakarta dan bersedia mengikuti treatment penelitian selama 16 kali pertemuan. Dari sampel yang digunakan dilakukan tes koordinasi mata-kaki dengan soccer wall volley test. Dari hasil tes koordinasi mata-kaki diklasifikasi menjadi tiga yaitu: koordinasi mata-kaki tinggi, koordinasi mata-kaki sedang dan koordinasi mata-kaii rendah. Sampel yang digunakan sebanyak 20 orang kriteria koordinasi mata-kaki tinggi dan 20 orang kriteria koordinasi mata-kaki rendah, sedangkan kriteria koordinasi mata-kaki sedang dihilangkan. Pengumpulan data dengan tes koordinasi mata-kaki yaitu soccer wall volley test dan tes kemampuan shooting ke gawang dengan tes shooting Bobby Charlton. Analisis data dengan analisis varians 2 X 2 dilanjutkan dengan Newman-Keuls. Simpulan penelitian: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan massed practice dan distributed practice terhadap ketepatan shooting ke gawang dengan hasil penghitungan Fo = 9.47 > Ft 4.11. (2) Ada perbedaan yang signifikan ketepatan shooting ke gawang antara siswa yang memiliki koordinasi mata-kaki tinggi dengan siswa yang memiliki koordinasi matakaki rendah dengan hasil penghitungan Fo = 4.43 > Ft 4.11.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode Latihan, koordinasi mata-kaki, ketepatan shooting, sepakbola
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:39
Last Modified: 31 Jul 2019 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64938

Actions (login required)

View Item View Item