TINGKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP GAYA RENANG PADA SISWA KELAS VIII SMP N 25 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2018/2019 KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH

Kurniawan, Jalu Rizky (2019) TINGKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP GAYA RENANG PADA SISWA KELAS VIII SMP N 25 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2018/2019 KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi fulltext.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap gaya renang pada siswa kelas VIII SMP N 25 Purworejo Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 25 Purworejo Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 107 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dan teknik pengumpulan data menggunakan tes obyektif. Instrumen berupa soal pilihan ganda yang sudah divalidasi oleh bapak Dr. Subagyo, M.Pd. selaku dosen ahli. Hasil uji coba dari 30 butir pertanyaan gugur 10 pertanyaan dan diperoleh 20 butir pertanyaan yang valid dan reliabel. Berdasarkan uji reliabilitas diperoleh hasil 0,781. Data pada penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui tingkat pemahaman siswa terhadap gaya renang pada siswa kelas VIII SMP N 25 Purworejo yaitu 10 siswa masuk pada kategori sangat baik (9,3%), 34 siswa masuk kategori baik (31,8%), 35 siswa masuk kategori cukup baik (33,6%), 24 siswa masuk kategori tidak baik (22,4%) dan 3 siswa masuk kategori sangat tidak baik (2,8%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gaya renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:24
Last Modified: 31 Jul 2019 04:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64937

Actions (login required)

View Item View Item