TINGKAT PEMAHAMAN GURU PJOK DI SMK NEGERI KABUPATEN SLEMAN TENTANG RPP BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Nirmala, Rhima (2019) TINGKAT PEMAHAMAN GURU PJOK DI SMK NEGERI KABUPATEN SLEMAN TENTANG RPP BERDASARKAN KURIKULUM 2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
CD SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Belum semua guru Penjasorkes khususnya ditingkat jenjang Pendidikan SMA/MA/SMK mampu memahami dan menyusun RPP secara tepat berdasarkan pengembangan kurikulum2013. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman guru PJOK di SMK Negeri Kabupaten Sleman terhadap RPP berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian adalah tunggal yaitu pemahaman guru PJOK SMK terhadap RPP berdasarkan kurikulum 2013. Populasi penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian sejumlah 20 guru PJOK yang berstatus PNS dan honorer yang aktif mengajar di SMK Negeri Kabupaten Sleman. Instrumen penelitian adalah soal sebanyak 36 butir dengan dua alternatif pilihan jawaban “Benar”, dan “Salah”. Hasil uji coba seluruh butir soal adalah valid, koefisien korelasi semua item/ butir dengan skor total diperoleh hasil keseluruhan di atas “0,3”; soal juga reliabel karena pengujian keefisien reliabilitas instrumen hasilnya di atas keefisien reliabilitas minimal (0,71 > 0,60). Teknik pengumpulan data dengan peneliti menyebar soal dengan cara mendatangi tiap SMK Negeri di Kabupaten Sleman. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru PJOK di SMK Negeri Kabupaten Sleman tentang RPP berdasarkan kurikulum 2013, untuk kategori “sangat baik” sebanyak 5 guru atau sebesar 25 %; kategori “baik” sebanyak 12 guru atau sebesar 60 %; kategori “sedang” sebanyak 3 guru atau sebesar 15 %; kategori “kurang” sebanyak 0 guru atau sebesar 0 %; dan kategori “kurang sekali” sebanyak 0 guru atau sebesar 0 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: guru PJOK SMK, RPP, kurikulum 2013
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2019 02:46
Last Modified: 31 Jul 2019 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64913

Actions (login required)

View Item View Item