ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN PJOK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TANJUNG PANDAN, KABUPATEN BELITUNG

Pratama, Teddy Giolanda (2019) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN PJOK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TANJUNG PANDAN, KABUPATEN BELITUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TEDDY SKRIPSI 15601241059.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangar penting untuk meningkatkan kemampuan setiap manusia. Dalam pendidikan terdapat kegiatan evaluasi, ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui kualitas pembelajaran yang telah diberikan, salah satu yang bisa dilakukan adalah menganalisis soal ujian akhir semester. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal ujian akhir semester kelas VIII mata pelajaran PJOK SMPN 1 Tanjung Pandan Kabupaten Belitung berdasarkan aspek tingkat kesukaran, aspek pembeda, dan aspek efektivitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei(expost facto), Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Tanjung Pandan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data diperoleh melalui metode dokumentasi yaitu: soal ujian, kunci jawaban, dan jawaban peserta tes. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan program ANATES Versi 4.0.9 untuk mengetahui kualitas soal berdasarkan tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh/distractor. Hasil Analisis kualitas butir soal di SMPN 1 Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung dilihat dari tingkat kesukaran ada 4 soal (8%) berkategori sukar, 16 soal (32%) berkategori sedang, dan 30 soal (60%) berkategori mudah. Ditinjau dari daya pembeda, sebanyak 5 soal (10%) berkategori baik, 19 soal (38%) berkategori sedang, dan 26 soal (52%) berkategori jelek. Ditinjau dari efektivitas pengecoh/distractor, sebanyak 11 soal (22%) berkategori sangat baik, 6 soal (12%) berkategori baik, 19 soal (38%) berkategori cukup baik, dan 14 soal (28%) berkategori kurang baik, dan 0 soal (0%) atau tidak ada yang berkategori tidak baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas butir soal UAS Semester Ganjil memiliki tingkat kesukaran yang kurang baik, tingkat daya pembeda yang kurang baik, dan efektivitas pengecoh yang cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis, soal pilihan ganda, sukar, daya pembeda, pengecoh
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2019 02:40
Last Modified: 31 Jul 2019 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64911

Actions (login required)

View Item View Item