PENGARUH LATIHAN DRILLING SERVIS PENDEK BACKHAND DENGAN AWALAN SHADOW DAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETEPATAN SERVIS PENDEK BACKHAND ATLET PB. PAWIRO WIYONO SIDOLUHUR

Intan T.H., Monica (2019) PENGARUH LATIHAN DRILLING SERVIS PENDEK BACKHAND DENGAN AWALAN SHADOW DAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETEPATAN SERVIS PENDEK BACKHAND ATLET PB. PAWIRO WIYONO SIDOLUHUR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan drilling servis pendek backhand dengan awalan shadow dan penggunaan media audio visual terhadap ketepatan servis pendek backhand atlet PB. PWS. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “two groups pre-test-post-test design”. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet bulutangkis PB.PWS yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling, dengan kriteria (1) atlet yang masih aktif mengikuti latihan di PB PWS, (2) berusia 13-15 tahun, (3) berjenis kelamin laki-laki, (4) tidak dalam keadaan sakit, (5) Kehadiran pada saat treatment minimal 75%, (6) Sanggup mengikuti seluruh program latihan yang telah disusun. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 14 orang. Seluruh sampel dikenai pretest servis pendek backhand untuk menentukan kelompok treatment, diranking nilai pretest-nya, kemudian dipasangkan (matched) dengan pola A-B-B-A dalam dua kelompok dengan anggota masingmasing 7 orang. Instrumen menggunakan tes keterampilan servis pendek backhand dari Purnama. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan latihan drilling servis pendek backhand dengan awalan shadow terhadap ketepatan servis pendek backhand pada atlet PB. PWS, dengan t hitung 5,817 > t tabel 2,447, dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan latihan drilling servis pendek backhand dengan penggunaan media audio visual terhadap ketepatan servis pendek backhand pada atlet PB. PWS, dengan t hitung 9,672 > t tabel 2,447, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Latihan drilling dengan awalan shadow lebih baik daripada latihan dengan menggunakan media audio visual terhadap ketepatan servis pendek backhand atlet PB.PWS, dengan selisih rata-rata posttest sebesar 2,57.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: awalan shadow, audio visual, servis pendek backhand
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2019 02:05
Last Modified: 31 Jul 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64897

Actions (login required)

View Item View Item