PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PERMAINAN “PARSIA” UNTUK MATERI TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BANYURADEN

Rohmawati, Dwi Dita (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PERMAINAN “PARSIA” UNTUK MATERI TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BANYURADEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dwi Dita Rohmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan langkah-langkah sistematis pengembangan media “PARSIA: Papan Permainan Keragaman Budaya Indonesia” untuk materi tema Indahnya Keragaman di Negeriku, 2) mendeskripsikan tingkat validitas dan kualitas pengembangan media PARSIA untuk siswa kelas IV SD Muhammadiyah Banyuraden. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini berpedoman pada prosedur pengembangan Borg & Gall yang mencakup sembilan langkah yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba perorangan, revisi produk hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, revisi produk hasil uji coba kelompok kecil, uji lapangan, dan penyempurnaan produk akhir. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Banyuraden. Subjek uji coba perorangan adalah 4 siswa, subjek uji coba kelompok kecil adalah 12 siswa, dan subjek uji coba lapangan adalah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket validasi ahli materi, angket validasi media, dan angket respon siswa. Teknik analisis dari data hasil penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran PARSIA mempunyai tingkat validitas dan kualitas tinggi sehingga layak diuji cobakan ke sekolah dasar. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,43 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat tinggi”. hasil validasi terakhir dari segi media memperoleh skor rata-rata 4,68 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat tinggi”. Hasil uji coba perorangan memperoleh skor rata-rata 4,23, validitas dan kualitas “sangat tinggi”. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 4,30 tingkat validitas dan kualitas “tinggi”. Hasil uji lapangan memperoleh skor rata-rata 4,39 tingkat validitas dan kualitas “sangat tinggi”. Kata kunci: pengembangan, papan permainan, keragaman budaya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:17
Last Modified: 30 Jul 2019 02:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64878

Actions (login required)

View Item View Item