UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA KELAS IV SD N SAWIT

Pradana, Aditya Mahardika (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA KELAS IV SD N SAWIT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Aditya Mahardika Pradana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran bermuatan matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas IV SD N Sawit. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes uraian. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif menggunakan penyajian tabel dan presentase. Subjek penelitian pada siswa kelas IV SD Sendangsari Kabupaten Bantul dengan jumlah siswa 29 siswa, 15 siswa laki – laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata nilai prestasi belajar siswa. Pada kondisi awal nilai rata-rata 53,74 dan setelah dillaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada siklus I nilai rata-rata menjadi 80,03 yang artinya terjadi peningkatan sebesar 26,29. Tahapan model pembelajaran kooperatif jigsaw yaitu (1) membentuk kelompok asal, (2) mengamati subtopik, (3) diskusi kelompok asal, (4) membentuk kelompok ahli, (5) diskusi kelompok ahli, (6) kembali ke kelompok asal, (7) mengintegrasikan subtopik, (8) presentasi. (9) mengerjakan tes. Setelah dilakukan perbaikan dengan arahan tegas untuk semua kelompok mengumpulkan lembar kerja siswa dan tidak mencantumkan nama siswa yang tidak ikut diskusi maka setiap kelompok membagi tugas secara merata. Kemudian prestasi belajar siswa meningkat pada siklus II. Perolehan rata – rata nilai prestasi belajar pada siklus II yaitu 90,23 dengan peningkatan 10,20. Kata Kunci : prestasi belajar, model pembelajaran kooperatif jigsaw

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:14
Last Modified: 30 Jul 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64877

Actions (login required)

View Item View Item