UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV SD N 2 PADOKAN KASIHAN BANTUL

Fauzan, Sidiq (2019) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV SD N 2 PADOKAN KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Sidiq Fauzan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan keaktifan belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA bagi siswa kelas IV A SD Negeri 2 Padokan, Kasihan, Bantul. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan di SD 2 Padokan, Kasihan, Bantul. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta menggunakan pedoman wawancara siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV A SD 2 Padokan pada pembelajaran IPA. Upaya peningkatan keaktifan belajar IPA menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Identifikasi topik dan pengelompokkan, 2) Perencanaan tugas, 3) Investigasi kelompok, 4) Pembuatan laporan akhir, 5) Presentasi, dan 6) Evaluasi. Dari penerapan model Group Investigation (GI) tersebut maka dapat diketahui dari adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada setiap pertemuan di setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan pertama rata-rata persentase keaktifan belajar siswa sebesar 66,43%. Persentase tersebut meningkat pada pertemuan kedua di siklus I menjadi 68,98%. Rata-rata persentase keaktifan belajar IPA siswa kelas IV A adalah 67,71%. Pada pertemuan pertama siklus II persentase keaktifan belajar siswa sebesar 77,14%. Pada pertemuan kedua siklus II persentase keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 84,80%. Rata-rata persentase keaktifan belajar pada siklus II yaitu sebesar 80,97%. Kata kunci : keaktifan, Group Investigation, dan pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:12
Last Modified: 30 Jul 2019 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64876

Actions (login required)

View Item View Item