PENINGKATAN SIKAP NASIONALISME PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI KELAS IV SD NEGERI TUNGGORONO KUTOARJO PURWOREJO

Nurqoriah, Indah (2019) PENINGKATAN SIKAP NASIONALISME PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI KELAS IV SD NEGERI TUNGGORONO KUTOARJO PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Indah Nurqoriah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan sikap nasionalisme siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual (CTL) di kelas IV SD Negeri Tunggorono. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil sikap nasionalisme pada mata pelajaran PKn dengan strategi pembelajaran kontekstual (CTL) di kelas IV SD Negeri Tunggorono. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tunggorono Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tunggorono yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah sikap nasionalisme dalam mata pelajaran Pendidikan PKn adalah observasi, penilaian diri, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kontekstual (CTL) dapat meningkatkan proses dan hasil sikap nasionalisme pada pembelajaran PKn. Peningkatan proses pendidikan ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II yaitu: (1) menyanyikan lagu Indonesia Raya meningkat sebesar 23,81%, (2) mendengarkan meningkat sebesar 23,81%, (3) mengamati meningkat 42,86%, (4) mencatat meningkat sebesar 4,76%, (5) bertanya meningkat sebesar 38,10%, (6) mengungkapkan pendapat meningkat sebesar 19,03%, (7) bekerja sama dalam kelompok meningkat sebesar 9,53%, (8) mengerjakan perintah guru meningkat sebesar 9,52%, (9) tampil di kelas meningkat sebesar 9,52% , (10) aktivitas negatif mengalami penurunan sebesar 19,05%. Peningkatan hasil sikap nasionalisme ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase tampilnya sikap nasionalisme siswa selama pembelajaran di kelas dan di sekolah. Peningkatan prosentase sikap nasionalisme yang tampil selama proses pembelajaran dari siklus 1 ke siklus II berdasarkan observasi yaitu meningkat sebesar 42,85%, sementara berdasarkna hasil penilaian diri sebesar 24,23%. Kata kunci: sikap nasionalisme, strategi pembelajaran kontekstual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:08
Last Modified: 30 Jul 2019 02:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64873

Actions (login required)

View Item View Item