PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PEMBUATAN RODA GIGI MIRING DENGAN MESIN FRAIS UNTUK SISWA SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN

Anggoro, Yudo (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PEMBUATAN RODA GIGI MIRING DENGAN MESIN FRAIS UNTUK SISWA SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif pembuatan roda gigi miring dengan mesin frais; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif pembuatan roda gigi miring dengan mesin frais. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan. Model ini memiliki 4 tahap yaitu tahap analisis kebutuhan awal (define), tahap pembuatan prototype (design), tahap pengembangan berdasarkan saran ahli dan uji coba lapangan (develop), dan tahap publikasi (disseminate). Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan kuesioner berupa angket dengan subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media, guru, dan siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan adalah: (1) media pembelajaran interaktif pembuatan roda gigi miring dengan mesin frais yang berisi teks, gambar, video, dan soal latihan. Media pembelajaran dikemas dalam bentuk Compact Disc (CD) dengan ukuran file 152 MB ; (2) Media pembelajaran yang dikembangkan mendapat penilaian (a) dari ahli materi mendapat skor; 3,04 dengan kategori layak; (b) dari ahli media mendapat skor 3,64 dengan kategori sangat layak; (c) penilaian guru mendapat skor 3,15 dengan kategori layak; (d) uji coba lapangan terbatas mendapat rerata skor 2,99 dengan katerogi layak; (e) uji coba lapangan luas mendapat rerata skor 3,30 dengan kategori sangat layak. Dengan demikian secara keseluruhan produk media pembelajaran interaktif pembuatan roda gigi miring dengan mesin frais layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, interaktif, roda gigi miring
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:00
Last Modified: 30 Jul 2019 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64872

Actions (login required)

View Item View Item