Prasetyo, Faradian (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR BERGERAK KELAS XII JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 2 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (705kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
3. Bab I.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
4. Bab II.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
5. Bab III.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. Bab V.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif teknik pengambilan gambar bergerak berbasis Adobe Flash pada kompetensi dasar memahami sudut pandang pengambilan gambar dan ukuran bidang pandang pengambilan gambar bergerak untuk siswa kelas XII jurusan Multimedia di SMK Negeri 2 Sewon, (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif teknik pengambilan gambar bergerak berbasis Adobe Flash pada kompetensi dasar memahami sudut pandang pengambilan gambar dan ukuran bidang pandang pengambilan gambar bergerak untuk siswa kelas XII jurusan Multimedia di SMK Negeri 2 Sewon menggunakan kelayakan Thorn. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) melalui 6 tahapan. Sumber data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif sebagai data pokok dan data kualitatif berupa saran dari responden sebagai data tambahan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan subyek penelitian siswa kelas XII Multimedia di SMK Negeri 2 Sewon. Perolehan data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran interaktif teknik pengambilan gambar bergerak melalui tahap konsep, perancangan, pengumpulan bahan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi dan dibuat menggunakan Adobe Flash Professional CS6, (2) kelayakan media pembelajaran interaktif teknik pengambilan gambar bergerak berdasarkan ahli materi masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor keseluruhan aspek 4,23 dan persentase kualitas media 84,79%. Berdasarkan ahli media masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor keseluruhan aspek 4,68 dengan persentase kualitas media 93,75%. Berdasarkan uji coba siswa/responden, media pembelajaran ini masuk dalam kategori baik dengan rata-rata skor keseluruhan aspek 4,17 dengan persentase kualitas media 83,72%. Berdasarkan ahli media, materi, dan responden maka media pembelajaran interaktif teknik pengambilan gambar bergerak ini layak digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar siswa kelas XII Multimedia di SMK Negeri 2 Sewon.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia pembelajaran interaktif, teknik pengambilan gambar bergerak, multimedia |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 00:12 |
Last Modified: | 30 Jul 2019 00:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64869 |
Actions (login required)
View Item |