TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SLEMAN YOGYAKARTA

Nugraheni, Karintria (2019) TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KARINTRIA NUGRAHENI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas jasmani peserta didik pada saat melaksanakan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang dipengaruhi oleh tingkat kemampuan motorik peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Sleman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan motorik peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 133 peserta didik. Instrumen penelitian ini adalah menggunakan tes dan pengukuran untuk mengukur tingkat kemampuan motorik yang terdiri dari 6 item tes, yaitu power tungkai, power lengan, kelincahan, koordinasi mata dan tangan, power otot lengan, dan kecepatan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian tingkat kemampuan motorik peserta didik putra kelas VII di SMP Negeri 1 Sleman masuk kategori sedang yaitu 4 siswa (7.69%) mempunyai kemampuan motorik kurang sekali, 12 siswa (23.08%) mempunyai kemampuan motorik kurang, 18 siswa (34.62%) mempunyai kemampuan motorik sedang, 14 siswa (26.92%) mempunyai kemampuan motorik baik dan 4 siswa (7.69%) mempunyai kemampuan motorik baik sekali. Kemudian hasil penelitian tingkat kemampuan motorik peserta didik putri kelas VII di SMP Negeri 1 Sleman masuk kategori kurang yaitu 4 siswi (4.94%) mempunyai kemampuan motorik kurang sekali, 26 siswi (32.10%) mempunyai kemampuan motorik kurang, 25 siswi (30.86%) mempunyai kemampuan motorik sedang, 21 siswi (25.93%) mempunyai kemampuan motorik baik dan 5 siswi (6.17%) mempunyai kemampuan motorik baik sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan motorik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2019 06:24
Last Modified: 29 Jul 2019 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64860

Actions (login required)

View Item View Item