PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PENGUJIAN KUAT TEKAN BETON PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM BAHAN BANGUNAN II DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN

Prabowo, Gandi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PENGUJIAN KUAT TEKAN BETON PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM BAHAN BANGUNAN II DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Membuat Pengembangan Media Pembelajaran untuk Praktik Pengujian Kuat Tekan Beton Bahan Bangunan II dengan menggunakan media video pembelajaran, yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran (berfungsi sebagaimana mestinya) sebagai sumber belajar. (2) Mengetahui kelayakan media video pembelajaran untuk praktikum pengujian kuat tekan beton mata kuliah Bahan Bangunan di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran (berfungsi sebagaimana mestinya) sebagai sumber belajar. Pengembangan video pembelajaran pada mata kuliah Bahan bangunan II di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Reserach & Depelopment yang menghasilkan vidio pembelajaran untuk mata kuliah Bahan Bangunan II dengan durasi video 22 menit. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode 4D oleh Thiagarajan, yang meliputi empat tahapan pengembangan, yaitu: pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa produk video pembelajaran yang telah diuji kelayakannya oleh ahli media, ahli materi dan siswa sebagai pengguna media tersebut. Keseluruhan hasil uji coba menunjukkan hasil yang baik yaitu memperoleh kategori Layak dengan rincian : (1) uji ahli materi mendapatkan hasil presentase 77,21% yaitu dikategorikan layak (2) uji ahli media mendapatkan hasil presentase 76,89% yaitu dikategorikan layak (3) uji skala besar kecil oleh mahasiswa mendapatkan hasil presentase 83,51 % yaitu dikategorikan sangat layakoleh siswa mendapatkan hasil rerata 3,19 yaitu dikategorikan layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan media tersebut maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah bahan bangunan II di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, video pembelajaran, Bahan Bangunan II
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Jul 2019 02:06
Last Modified: 29 Jul 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64823

Actions (login required)

View Item View Item