PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHART TIGA DIMENSI (3D) PEMBUATAN BELAHAN GOLBI PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT KELAS X TATA BUSANA SMKN 1 DEPOK

Wardhany, Talitha Mega (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHART TIGA DIMENSI (3D) PEMBUATAN BELAHAN GOLBI PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT KELAS X TATA BUSANA SMKN 1 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk : 1) menghasilkan media Chart Tiga Dimensi (3D) Pembuatan Belahan Golbi Pada Mata Pelajaran Teknologi Menjahit Siswa Kelas X Tata Busana di SMKN 1 Depok (2) mengetahui kelayakan media Chart Tiga Dimensi (3D) Pembuatan Belahan Golbi Pada Mata Pelajaran Teknologi Menjahit Siswa Kelas X Tata Busana di SMKN 1 Depok. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D menurut Thiagarajan. Penelitian pengembangan ini melalui 4 tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Validasi media Chart Tiga Dimensi (3D) dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. uji skala kecil dilakukan pada 6 siswa dan uji skala besar pada 29 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Validitas instrumen menggunakan validitas Konstruk dan pengujian reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : 1) pengembangan media Chart Tiga Dimensi (3D) dilakukan dengan a) Define, analisis kebutuhan pokok, b) Design, perancangan Media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, c) Develop, pengembangan media Chart Tiga Dimensi (3D) sesuai dengan rancangan, d) Validasi oleh para ahli dan revisi, e) Disseminate,Uji lapangan skala kecil dan Uji lapangan skala besar (2) kelayakan media Chart Tiga Dimensi (3D) berdasarkan penilaian dari 2 ahli materi dan 3 ahli media adalah layak dengan presentase 100%. Kelayakan uji coba kelompok kecil diperoleh hasil kategori sangat layak sebesar 69%, layak sebesar 31%, kurang layak 0% dan tidak layak 0%. Hasil kelayakan uji coba kelompok besar diperoleh hasil kategori sangat layak sebesar 75,4%, layak sebesar 24,6%, kurang layak 0% dan tidak layak 0%. Hal ini menunjukkan bahwa media Chart Tiga Dimensi (3D) sudah memenuhi aspek relevansi materi dan tampilan media sehingga dapat digunakan sebagai media Chart Tiga Dimensi (3D) pembuatan belahan golbi di SMKN 1 Depok.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media Chart Tiga Dimensi, belahan golbi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Jul 2019 01:22
Last Modified: 29 Jul 2019 01:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64810

Actions (login required)

View Item View Item