PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART MATERI WARNA DAN KOMBINASI WARNA DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA

Murti, Hesmara Harna (2019) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART MATERI WARNA DAN KOMBINASI WARNA DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk flipchart sebagai media pembelajaran seni rupa murni pada mata pelajaran seni rupa di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta, 2) mengetahui kelayakan media flipchart materi warna dan kombinasi warna pada mata pelajaran seni rupa di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov dengan 5 tahap pengembangan yaitu: 1) tahap analisis produk, 2) tahap pengembangan produk, 3) tahap validasi ahli dan revisi yang dilakukan oleh 3 orang ahli media dan ahli materi, 4) uji coba lapangan skala kecil yang diujikan kepada 5 siswa, 5) uji coba lapangan skala besar yang diujikan ke 12 siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa berkebutuhan khusus kategori slowlearner di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan angket non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa: 1) produk media pembelajaran flipchart materi warna dan kombinasi warna dinyatakan layak melalui proses Research and Development, 2) media pembelajaran flipchart materi warna dan kombinasi warna dari ahli media dan ahli materi mendapatkan presentase sebesar 100% termasuk dalam kategori layak, media ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media belajar. Berdasarkan hasil uji coba skala kecil kepada 5 siswa mendapatkan presentase 45% sangat layak dan 55% layak dengan nilai rata-rata 95,5 sehingga termasuk dalam kategori layak. Selanjutnya hasil dari uji coba skala besar kepada 12 siswa mendapatkan presentase 71% sangat layak dan 29% layak dengan nilai rata-rata 99,6 sehingga termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan dari siswa dapat disimpulkan bahwa media flipchart materi warna dan kombinasi warna pada mata pelajaran seni rupa di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media flipchart, warna, kombinasi warna, seni rupa, ABK, SMP
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jul 2019 02:48
Last Modified: 26 Jul 2019 02:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64781

Actions (login required)

View Item View Item