UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE OBSERVASI LINGKUNGAN DI KELAS IVA SD BONGGALAN BANTUL

Susanti, Linia (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE OBSERVASI LINGKUNGAN DI KELAS IVA SD BONGGALAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LINIA.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi. Keterampilan menulis puisi masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai penulisan puisi yang diperoleh siswa sebelum diadakan penelitian tindakan. Jenis penilitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Bonggalan Bantul yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 8 siswa putra dan 7 siswa putri. Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen tes terdiri dari dua tes, yaitu tes mengisi bagian yang rumpang (pre-test dan post-test) dan tes menulis puisi.Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Aktivitas dalam analisis data ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode observasi lingkungan dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi di kelas IVA SD Bonggalan Bantul. Dari hasil tes menulis puisi, pada siklus I sebanyak 20% siswa mendapat kriteria baik. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan, yaitu 73,33% siswa mendapat kriteria baik. Dari hasil siklus I dan siklus II diketahui terjadi peningkatan keterampilan menulis puisi sebanyak 53,33%. Sedangkan, dari hasil tes (pre-test dan post-test) juga terjadi peningkatan keterampilan menulis puisi. Siswa yang mendapat nilai di atas 45 atau dikatakan mengalami peningkatan keterampilan menulis puisi, sebelum diadakan tindakan hanya 46,67% siswa. Pada siklus I sebanyak 86,67% siswa mengalami peningkatan keterampilan menulis puisi. Keterampilan menulis puisi sebelum diadakan tindakan dan setelah pelaksanaan siklus I mengalami peningkatan sebanyak 40%. Kemudian pada siklus II, sebanyak 100% siswa mengalami peningkatan keterampilan menulis puisi. Keterampilan menulis puisi dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebanyak 13,33%. Kata kunci : keterampilan menulis puisi, metode observasi lingkungan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Oct 2012 07:48
Last Modified: 29 Jan 2019 16:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6478

Actions (login required)

View Item View Item