JTRAINING KIT SELEKTOR WARNA BARANG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PLC PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK KELAS XII DI SMK NEGERI 2 WONOSARI

Yuanto, Teguh Arik (2019) JTRAINING KIT SELEKTOR WARNA BARANG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PLC PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK KELAS XII DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) merealisasikan desain dari training kit selektor warna barang dan (2) mengetahui tingkat kelayakan training kit selektor warna barang sebagai sarana pembelajaran pada mata pelajaran sistem pengendali elektronik kelas XII EI di SMK Negeri 2 Wonosari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pelaksanaan penelitian menggunakan acuan ADDIE Models yang terdiri dari lima tahapan yaitu: (1) Analisis (Analysis); (2) Disain (Design); (3) Pengembangan (Development); (4) Implementasi (Implementation); (5) Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu (1) observasi untuk mengamati unjuk kerja training dan (2) kuesioner untuk mengetahui tingkat kelayakan training. Pengujian melalui tiga tahapan yaitu (1) validasi produk oleh ahli; (2) pengujian oleh guru; (3) pengujian oleh siswa Teknik analisa data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang didapatkan adalah: (1) desain training kit selektor warna barang terdiri dari training dan jobsheet. Bagian–bagian training meliputi boks, konveyor, selektor dan rangkaian mikrokontroler. Sedangkan jobsheet terdiri dari tiga kegiatan belajar yang meliputi pengenalan PLC dan training, sorting dan kalibrasi, timer dan counter. (2) tingkat kelayakan training kit selektor barang dari validasi isi sebesar 89,39% (sangat layak), dari validasi konstruk sebesar 91,20% (sangat layak) dan dari uji coba siswa mendapatkan hasil sebesar 79,96% (layak). Berdasarkan presentase tersebut, sarana pembelajaran training kit selektor warna barang layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sarana pembelajaran, training, PLC, selektor warna
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jul 2019 02:19
Last Modified: 26 Jul 2019 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64776

Actions (login required)

View Item View Item