KOMPETENSI LULUSAN SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI YANG DIBUTUHKAN INDUSTRI JASA KONSTRUKSI BIDANG BIRO KONSULTAN PERENCANA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ramadhan, Muhammad Aulia Nur (2019) KOMPETENSI LULUSAN SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI YANG DIBUTUHKAN INDUSTRI JASA KONSTRUKSI BIDANG BIRO KONSULTAN PERENCANA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kompetensi kerja yang dibutuhkan oleh industri jasa konstruksi bidang biro konsultan perencana konstruksi di Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap para lulusan SMK Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala pengukuran Linkert. Teknik sampel digunakan purposive sampling, setiap kabupaten diambil beberapa perusahaan yang bergerak di bidang biro perencana konstruksi. Sampel terdiri dari delapan perusahaan dari Kabupaten Sleman, lima perusahaan dari Kabupaten Bantul, dan dua perusahaan dari Kota Yogyakarta. Validitas instrumen penelitian adalah expert judgment yang dilakukan oleh dua dosen ahli. Pengambilan data dilakukan menggunakan angket tertutup dan terbuka yang dilaksanakan pada bulan April 2019 - Juli 2019. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,969. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan tendensi sentral mean. Berdasarkan hasil penelitian, sebanyak 30 kompetensi lulusan (62,5%) mendapat dibutuhkan 18 kompetensi lulusan (37,5%) mendapat dibutuhkan kurang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan. Secara keseluruhan kompetensi lulusan SMK program keahlian teknologi konstruksi dan properti yang dibutuhkan industri jasa konstruksi bidang biro konsultan perencana di Daerah Istimewa Yogyakarta masuk kategori sangat dibutuhkan ata-rata sebesar 82,0. Mean observasi masing-masing indikator kompetensi personal (personal), pengetahuan dasar (basic knowledge), dan keterampilan kerja (work skills), berturut-turut adalah 90,0; 83,0; dan 79,0.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Lulusan SMK, Industri
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jul 2019 01:50
Last Modified: 26 Jul 2019 01:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64771

Actions (login required)

View Item View Item