PENGARUH FILLER ABU AMPAS TEBU DENGAN LIMBAH BETON SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT KASAR TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN ASPAL BETON

Fariza, Nadya (2019) PENGARUH FILLER ABU AMPAS TEBU DENGAN LIMBAH BETON SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT KASAR TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN ASPAL BETON. D3 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB 1.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 2.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 4.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 5.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penambahan filler abu ampas tebu dengan limbah beton sebagai pengganti agregat kasar terhadap karakteristik Marshall pada campuran aspal beton, ditinjau dari nilai kepadatan (density), VIM (void in mix), VMA (void in mineral aggregate), VFA (void filled with asphalt), stabilitas, flow (pelelehan), dan MQ (marshall quotient). (2) Serta mengetahui kesesuaian hasil pengujian Marshall dengan filler abu ampas tebu dengan persyaratan Bina Marga 2010. Penelitian ini menggunakan metode pengujian eksperimen, yaitu metode yang dilakukan dengan membuat benda uji sesuai dengan standar dan ketentuan yang ada. Serta penggunaan abu ampas tebu sebagai bahan pengisi (filler) dan limbah beton sebagai pengganti agregat kasar dalam pembuatan campuran aspal. Dengan variasi persentase yang ditentukan atas pertimbangan dari referensi penelitian lainnya. Pada penelitian ini menggunakan penambahan filler abu ampas tebu dengan kadar 0%, 5%, 10%, dan 15%. Dengan masing-masing perlakuan dibuat 3 sampel benda uji. Tahapan pengujian dalam penelitian ini meliputi pengujian karakteristik aspal, pengujian karakteristik material (agregat kasar, agregat halus, dan filler abu ampas tebu), serta pengujian karakteristik Marshall. Hasil pengujian campuran aspal beton dengan penambahan filler abu ampas tebu dan limbah aspal beton sebagai pengganti agregat kasar didapatkan (1) nilai rerata: kepadatan (density) 2,16 gr/cc, VIM (void in mix) 11,56%, VMA (void in mineral aggregate) 17,39%, VFA (void filled with asphalt) 33,91%, stabilitas 3263,92 kg, flow (pelelehan) 2,03 mm, MQ (marshall quotient) 2353,70 kg/mm. (2) Serta dapat disimpulkan bahwa benda uji hasil pengujian sesuai dengan persyaratan Bina Marga 2010.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Abu ampas tebu, Limbah beton, Marshall
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jul 2019 01:38
Last Modified: 26 Jul 2019 01:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64768

Actions (login required)

View Item View Item