PENGARUH KONSENTRASI ZAT WARNA EKSTRAK DAUN TANAMAN SAMBANG DARAH (EXCOECARIA COCHINICHINESIS) TERHADAP UNJUK KERJA DAYA LISTRIK DSSC (DYE SENSITIZED SOLAR CELL) BERBASIS TITANIA

Maharditya, Ersha and Prasetyowati, Rita (2019) PENGARUH KONSENTRASI ZAT WARNA EKSTRAK DAUN TANAMAN SAMBANG DARAH (EXCOECARIA COCHINICHINESIS) TERHADAP UNJUK KERJA DAYA LISTRIK DSSC (DYE SENSITIZED SOLAR CELL) BERBASIS TITANIA. S1 thesis, Univeritas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ersha Maharditya 14306141053.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi penyisipan zat warna (dye) ekstrak daun Sambang Darah terhadap unjuk kerja daya listrik pada DSSC berbasis titania. Pengaruh konsentrasi penyisipan dye ditunjukkan melalui adanya perubahan kemampuan absorbansi lapisan titania pada hasil uji UV-Vis, perubahan struktur kristal lapisan titania pada hasil uji XRD, perubahan morfologi dan komposisi unsur lapisan titania pada hasil uji SEM-EDS, serta perubahan efisiensi daya listrik keluaran pada DSSC. Penelitian ini dimulai dengan membuat larutan ekstrak daun Sambang Darah sebagai dye dengan variasi massa 5 gram, 10 gram, dan 15 gram. Sintesis lapisan titania dilakukan dengan metode Doctor Blade Coating. Lapisan titania disisipi dye dengan direndam pada tiap-tiap variasi konsentrasi selama 2 jam. Pengujian UVVis, XRD, dan SEM-EDS hanya dilakukan pada variasi konsentrasi dye dengan massa 0 gram dan 10 gram. Lapisan titania kemudian disusun seperrti sandwich dimulai dari lapisan titania, elektrolit, dan elektroda lawan sehingga menjadi DSSC. DSSC diuji daya listrik keluarannya dengan menggunakan uji arus-tegangan. Hasil uji UV-Vis menunjukkan bahwa penyisipan dye meningkatkan kemampuan absorbansi lapisan titania dengan panjang gelombang puncak 278 nm. Hasil karakterisasi XRD juga menunjukkan bahwa penyisipan dye tidak mempengaruhi struktur kristal TiO2 dengan jenis kristal yang sama, yaitu TiO2 jenis anatase bentuk tetragonal dan parameter kisi yang bernilai sama. Hasil uji SEMEDS menunjukkan bahwa penyisipan dye tidak mempengaruhi morfologi dan komposisi kimia lapisan titania dengan bentuk permukaan yang sama dan komposisi yang sama antara kedua sampel. Penyisipan dye mempengaruhi unjuk kerja daya listrik DSSC ditunjukkan dengan hasil uji arus-tegangan dengan efisiensi konversi daya listrik 0,22% untuk tanpa dye, 0,25% untuk dye 5 gram, 0,38% untuk dye 10 gram, dan 0,53% untuk dye 15 gram.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: dye sensitized solar cell, doctor blade, Sambang Darah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 29 Jul 2019 02:39
Last Modified: 29 Jul 2019 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64763

Actions (login required)

View Item View Item