MENGOPTIMALKAN AKTIVITAS BERTANYA SISWA KELAS V MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SD NEGERI PENGASIH 2 KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO 2011/2012

Muryani, Ika (2012) MENGOPTIMALKAN AKTIVITAS BERTANYA SISWA KELAS V MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SD NEGERI PENGASIH 2 KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ika Muryani.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Contextual Teaching and Learning dapat mengoptimalkan aktivitas bertanya siswa kelas V dalam pembelajaran IPA di SD N Pengasih 2 Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif/classroom action research. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Pengasih 2 terdiri dari 22 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Objek penelitian adalah mengoptimalkan aktivitas bertanya siswa kelas V melalui Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran IPA di SD Negeri Pengasih 2. Setting penelitian dilaksanakan di kelas V semester 2 SD N Pengasih 2 tahun 2011/2012. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat mengoptimalkan aktivitas bertanya siswa kelas V dalam pembelajaran IPA di SD Negeri Pengasih 2 terbukti bahwa pada siklus I aktivitas bertanya siswa menjadi lebih optimal sebesar 36,44% dari kondisi awal 37,50% menjadi 73,94% dengan kenaikan hasil belajar IPA sebesar 0,7 dari kondisi awal 7,0 menjadi 7,7. Pada siklus II, dapat mengoptimalkan aktivitas bertanya siswa sebesar 41,15% dari kondisi awal 37,50% menjadi 78,65% dengan kenaikan hasil belajar IPA sebesar 1,3 dari kondisi awal 7,0 menjadi 8,3. Kata kunci: aktivitas bertanya, IPA, contextual teaching and learning, SD kelas v

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Oct 2012 07:49
Last Modified: 29 Jan 2019 16:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6475

Actions (login required)

View Item View Item