PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Swadana, Ardha Pramudita and Istiyono, Edi (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Univeritas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk perangkat pembelajaran berbasis Inside Outside Circle yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar dan (2) mengetahui besar peningkatan prestasi belajar peserta didik pada materi Usaha dan Energi menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Inside Outside Circle. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4- D. Tahapan define merupakan tahapan awal untuk merumuskan permasalahan. Tahapan design adalah tahapan untuk pengumpulan referensi, penentuan format, dan pembuatan awal produk perangkat pembelajaran. Tahapan develop adalah tahapan pengembangan produk, meliputi validasi, revisi, uji coba terbatas, uji coba luas. Tahapan disseminate adalah tahapan paling terakhir untuk penelitian ini, yaitu berupa penyebarluasan produk akhir perangkat pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA N 1 Ngaglik, SMA N 2 Sleman, dan SMA N 2 Ngaglik. Teknik analisis data instrumen dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan simpangan baku ideal dan V aiken. Analisis data kualitatif yaitu mengubah data kuantitatif menjadi kualitatif dan menggunakan Uji Ancova serta GLM untuk uji efektifitas belajar peserta didik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perangkat Pembelajaran berbasis Inside Outside Circle efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. (2) Perangkat pembelajaran ini mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan peningkatan 0,46 pada standart gian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Inside Outside Circle, prestasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 29 Jul 2019 02:40
Last Modified: 29 Jul 2019 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64743

Actions (login required)

View Item View Item