PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY BERBANTUAN PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PhET) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA

Khudria, Ardhiana Saptantia and Jumadi, Jumadi (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY BERBANTUAN PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PhET) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Univeritas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Ardhiana.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran model discovery berbantuan physics education technology (PhET) yang layak untuk pembelajaran materi Alat Optik kelas XI dan (2) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar aspek kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Depok. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi dan angket respon peserta didik untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan serta soal pretest-posttest dan angket motivasi belajar untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar aspek kognitif peserta didik. Kelayakan produk dianalisis menggunakan simpangan baku ideal (SBI). Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar aspek kognitif dianalisis menggunakan uji standard gain (g). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) telah dihasilkan perangkat pembelajaran model discovery berbantuan physics education technology (PhET) yang layak untuk pembelajaran materi Alat Optik kelas XI ditinjau dari pendapat ahli dan respon peserta didik pada uji empiris serta (2) perangkat pembelajaran model discovery berbantuan physics education technology (PhET) efektif meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar aspek kognitif peserta didik dengan nilai gain berturut-turut sebesar 0,22 dengan kategori rendah dan 0,24 dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model discovery, physics education technology (PhET), motivasi belajar, hasil belajar aspek kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 29 Jul 2019 02:40
Last Modified: 29 Jul 2019 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64741

Actions (login required)

View Item View Item