PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH KARANGHARJO BERBAH SLEMAN

Susilaningsih, Endang (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH KARANGHARJO BERBAH SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Endang Susilaningsih.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas II SD Muhammadiyah Karangharjo Berbah, Sleman dengan menggunakan Metode Jarimatika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas II SD Muhammadiyah Karangharjo Berbah, Sleman semester genap tahun ajaran 2010/ 2011 sebanyak 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa selama proses pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode jarimatika, dan soal post test. Teknik aanalisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Metode Jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dan kualitas proses pembelajaran. Hal ini dilihat dari data awal yang menunjukkan rata-rata kemampuan berhitung siswa pra tindakan sebesar 53,85 dengan pencapaian KKM 26,92%, pasca tindakan siklus I sebesar 62,69 dengan pencapaian KKM 42,31%, pasca tindakan siklus II sebesar 74,42 dengan pencapaian KKM 100%. Sedangkan proses pembelajaran Matematika sesuai dengan hasil observasi, pada siklus I siswa masih terlihat pasif dalam pembelajaran. Pada siklus II sebagian besar siswa aktif dalam proses pembelajaran setelah diterapkannya metode jarimatika dalam pembelajaran Matematika pokok bahasan perkalian. Ini berarti bahwa penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas II SD Muhammadiyah Karangharjo Berbah, Sleman. Kata kunci: kemampuan berhitung perkalian, metode jarimatika, pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Oct 2012 00:15
Last Modified: 29 Jan 2019 16:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6474

Actions (login required)

View Item View Item