PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA DENGAN SISWA REGULER DI SMP N 13 YOGYAKARTA

Faruq, Saif Fathan Al (2019) PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA DENGAN SISWA REGULER DI SMP N 13 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skrpsi-saif fathan al faruq-15601241044.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui perbedaan tingkat kecerdasan emosional siswa kelas khusus olahraga dengan siswa reguler di SMP N 13 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Populasi penelitian ini adalah siswa – siswi. SMP N 13Yogyakarta kelas reguler dan kelas khusus olahraga, populasi dalam penelitian ini terdiri dari 118 siswa yang mengikuti program KKO dan reguler. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen penelitian Dion Prasetyo (2015) tentang tingkat kecerdasan emosional peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler olahraga 26 pertanyaan yang meliputi aspek mengenali emosi, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan yang memiliki nilai reabilitas sebesar 0,839. Analisis data dilakukan dengan uji t, dengan melakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, diketahui nilai p = 0,000, karena p < 0,05, maka hal ini berarti menunjukkan bahwa ada perbedaan kecerdasan emosional antara siswa KKO dengan siwa reguler dengan hasil tingkat kecerdasan emosional siswa KKO lebih baik dibandingkan dengan siswa reguler di SMP N 13 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, siswa
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Jul 2019 02:28
Last Modified: 24 Jul 2019 02:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64731

Actions (login required)

View Item View Item