PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI KETANGI PURWODADI, PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012

Pangestuti, Emy (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI KETANGI PURWODADI, PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Emy Pangestuti.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar IPS kelas lima SDN Ketangi Purwodadi, Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu Pre Eksperimen. Penelitian dilakukan pada siswa kelas lima SDN Ketangi yang berjumlah 26 siswa, dengan obyek penelitian hasil belajar kognitif IPS kelas lima. Teknik pengumpulan data menggunakan tes obyektif dengan bentuk pilihan ganda dan observasi, sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw mempengaruhi hasil belajar IPS siswa kelas lima SDN Ketangi. Hasil tersebut dibuktikan dengan adanya kenaikan 54,5% dari nilai pretest. Rata-rata nilai pretest yaitu 51,9, sedangkan rata-rata nilai posttest yaitu 80,2. Selisih antara rata-rata nilai pretest dengan rata-rata nilai posttes adalah 28,3. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif jigsaw, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Oct 2012 00:16
Last Modified: 29 Jan 2019 16:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6473

Actions (login required)

View Item View Item