PELAKSANAAN PROGRAM EKOSISTEM PENDIDIKAN DI SMK MA’ARIF 1 WATES

Fajri, Bakti Andika Alfiraq (2019) PELAKSANAAN PROGRAM EKOSISTEM PENDIDIKAN DI SMK MA’ARIF 1 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program ekosistem pendidikan di SMK Ma’arif 1 Wates. Variabel dalam penelitian ini mencakup (1) Perencanaan program ekosistem pendidikan, (2) Pelaksanaan program ekosistem pendidikan, dan (3) Evaluasi program ekosistem pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket tertutup, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data untuk data angket tertutup menggunakan analisis statistik deskriptif presentase, untuk data wawancara menggunakan analisis interaktif, sedangkan untuk data dokumen menggunakan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pelaksanaan program ekosistem pendidikan di SMK Ma’arif 1 Wates sudah sangat baik dengan tingkat keterlaksanaan mencapai 95.14% yang terdiri dari: (1) perencanaan program ekosistem pendidikan mencapai 95.19% yang terdiri dari 3 indikator yaitu: proses penyusunan perencanaan program ekosistem pendidikan, hasil penyusunan program ekosistem pendidikan, dan kegiatan program ekosistem pendidikan berdasarkan hasil penyusunan; (2) pelaksanaan program ekosistem pendidikan mencapai 93.36% yang diperoleh dari indikator tunggal yaitu: strategi pelaksanaan program ekosistem pendidikan; (3) evaluasi program ekosistem pendidikan mencapai 96.87% yang terdiri dari 3 indikator yaitu: pelaksanaan monitoring dan evaluasi program ekosistem pendidikan, proses evaluasi program ekosistem pendidikan, dan tindak lanjut hasil evaluasi; (4) faktor penghambat pelaksanaan program ekosistem pendidikan adalah masih adanya guru yang belum menguasai kompetensi yang diajarkan; dan (5) tindak lanjut sekolah adalah dengan mengadakan magang guru sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing yang mengacu dengan dunia usaha/industri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Program Ekosistem
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jul 2019 02:07
Last Modified: 24 Jul 2019 02:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64725

Actions (login required)

View Item View Item