Fajri, Bakti Andika Alfiraq (2019) PELAKSANAAN PROGRAM EKOSISTEM PENDIDIKAN DI SMK MA’ARIF 1 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (986kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program ekosistem pendidikan di SMK Ma’arif 1 Wates. Variabel dalam penelitian ini mencakup (1) Perencanaan program ekosistem pendidikan, (2) Pelaksanaan program ekosistem pendidikan, dan (3) Evaluasi program ekosistem pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket tertutup, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data untuk data angket tertutup menggunakan analisis statistik deskriptif presentase, untuk data wawancara menggunakan analisis interaktif, sedangkan untuk data dokumen menggunakan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pelaksanaan program ekosistem pendidikan di SMK Ma’arif 1 Wates sudah sangat baik dengan tingkat keterlaksanaan mencapai 95.14% yang terdiri dari: (1) perencanaan program ekosistem pendidikan mencapai 95.19% yang terdiri dari 3 indikator yaitu: proses penyusunan perencanaan program ekosistem pendidikan, hasil penyusunan program ekosistem pendidikan, dan kegiatan program ekosistem pendidikan berdasarkan hasil penyusunan; (2) pelaksanaan program ekosistem pendidikan mencapai 93.36% yang diperoleh dari indikator tunggal yaitu: strategi pelaksanaan program ekosistem pendidikan; (3) evaluasi program ekosistem pendidikan mencapai 96.87% yang terdiri dari 3 indikator yaitu: pelaksanaan monitoring dan evaluasi program ekosistem pendidikan, proses evaluasi program ekosistem pendidikan, dan tindak lanjut hasil evaluasi; (4) faktor penghambat pelaksanaan program ekosistem pendidikan adalah masih adanya guru yang belum menguasai kompetensi yang diajarkan; dan (5) tindak lanjut sekolah adalah dengan mengadakan magang guru sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing yang mengacu dengan dunia usaha/industri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Program Ekosistem |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 02:07 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 02:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64725 |
Actions (login required)
View Item |