PERSPEKTIF MAHASISWI UNY MEMILIH OLAHRAGA SEPAK TAKRAW DI UKM SEPAK TAKRAW UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Warahmah, Ani (2019) PERSPEKTIF MAHASISWI UNY MEMILIH OLAHRAGA SEPAK TAKRAW DI UKM SEPAK TAKRAW UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Ani Warahmah NIM 15601241080.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perspektif mahasiswi UNY memilih olahraga sepak takraw di Unit Kegiatan Mahasiswa sepak takraw UNY. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara mendalam guna memperolehi data yang jelas mengenai fokus permasalahan. Partisipan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswi Unit Kegiatan Mahasiswa sepak takraw UNY sebanyak 9 mahasiswi. Hasil wawancara mendalam, ditemukan bahwa mahasiswi UNY memandang sepak takraw sebagai olahraga yang menyenangkan dan memiliki tantangan. Pemain mahasiswi UNY, merasa tidak setuju jika sepak takraw diidentikkan dengan olahraga kaum laki-laki dan hanya cocok dimainkan oleh kaum laki-laki. Menurut mahasiswi UNY, olahraga tidak membatasi jenis kelamin sehingga perempuan juga cocok untuk bermain sepak takraw dan memiliki hak untuk bermain sepak takraw. Dalam hal ini beberapa masyarakat masih mempersepsikan pandangan yang negatif terhadap perempuan dan mengakibatkan adanya ketidakadilan terhadap mahasiswi UNY yang mengikuti olahraga sepak takraw.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perspektif, mahasiswi UNY, sepak takraw
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Jul 2019 03:53
Last Modified: 23 Jul 2019 03:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64707

Actions (login required)

View Item View Item