PENGEMBANGAN TRAINER-KIT TRANSMISSION LINE MODEL TM 199 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH TRANSMISI DAN DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Sari, Sinta Prastika (2019) PENGEMBANGAN TRAINER-KIT TRANSMISSION LINE MODEL TM 199 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH TRANSMISI DAN DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2.1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.2. ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.3. BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.4. BAB II.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.5. BAB III.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.7. BAB V.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.9. LAMPIRAN.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merancang dan membuat media pembelajaran Trainer-Kit Transmission Line Model TM 199 di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY; (2) mengetahui hasil produk yang ditinjau dari proses perencanaan dan unjuk kerja media pembelajaran Trainer-Kit Transmission Line Model TM 199; (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran Trainer-Kit Transmission Line Model TM 199 menurut ahli materi dan ahli media; (4) mengetahui tingkat kelayakan media Trainer-Kit Transmission Line Model TM 199 menurut pengguna (mahasiswa). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model penelitian menurut Robert Maribe Branch: The ADDIE Approach dengan tahapan-tahapan (1) analyse; (2) design; (3) develop; (4) implementationi; dan (5) evaluation. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas D1 dan D2 Angkatan 2016 dari Program Studi Pendidikan Teknik Elektro sebanyak 25 mahasiswa. Lokasi penelitian ini dilakukan di Bengkel Mesin Listrik Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket untuk mengukur tingkat kelayakan media dengan menggunakan skala likert dengan empat opsi jawaban. Hasil uji reliabilitas angket diperoleh nilai koefisien sebesar 0,805. Produk yang dihasilkan berupa trainer-kit dan jobsheet untuk Praktikum Transmisi Dan Distribusi Tenaga Listrik. Hasil kelayakan media pembelajaran ditinjau dari ahli materi dengan aspek kualitas materi dan kemanfaatan memperoleh persentase 80,12% dengan kategori “layak”. Hasil validasi ahli media yang memiliki tiga aspek, yaitu aspek tampilan, aspek kualitas teknis, dan aspek kemanfaatan yang memperoleh nilai persentase 84,40% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan respons mahasiswa yang meliputi aspek kualitas isi materi, aspek desain tampilan dan kemanfaatan memperoleh nilai persentase 86,71% dengan kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Trainer-Kit Transmission Line Model TM 199, Pengembangan Media Pembelajaran
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Jul 2019 03:47
Last Modified: 23 Jul 2019 03:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64706

Actions (login required)

View Item View Item