PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PADA PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN SMK N 1 SEWON

Alim, Maulina Idami (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PADA PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN SMK N 1 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya perbedaan: (1) pengetahuan siswa, (2) sikap siswa, dan (3) ketrampilan siswa yang mengikuti pembelajaran Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan media pembelajaran video dan tanpa media pembelajaran video di SMK N 1 Sewon. Metode Penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Non- Equivalent Control Grub Design. Tempat dan waktu penelitian adalah di SMK N 1 Sewon pada bulan Maret – April 2019. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Tata Boga sebanyak 188 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan cara Nonprobability Sampling jenis Purposive Sampling sebanyak 52 siswa.Kelas X Boga 4 sebagai kelas kontrol dan X Boga 5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes dan lembar observasi. Uji validitas dan Reliabilitas melalui expert judgement dan menggunakan program ITEMAN 4.3 terhadap daya beda soal dan tingkat kesukaran butir soal. Analisis data menggunakan Independent t-test pada uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengetahuan siswa yang mengikuti pembelajaran Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan menggunakan model discovery learning dengan media pembelajaran video dan tanpa video, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 6,636 > 2,060, (2) tidak terdapat perbedaan sikap siswa yang mengikuti pembelajaran Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan menggunakan model discovery learning dengan media pembelajaran video dan tanpa video hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel yaitu 0,183 < 2,060, (3) tidak terdapat perbedaan ketrampilan siswa yang mengikuti pembelajaran Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan menggunakan model discovery learning dengan media pembelajaran video dan tanpa video hal ini dibuktikan dengan thitung < ttabel yaitu -0,160 < 2,060.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, kompetensi, pengetahuan bahan makanan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Jul 2019 00:33
Last Modified: 23 Jul 2019 00:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64696

Actions (login required)

View Item View Item