PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY BERBANTUAN APLIKASI EDMODO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMA

Wicaksono, Adi and Dwisiwi, Rahayu (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY BERBANTUAN APLIKASI EDMODO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
7. SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran materi Fluida Statik berbasis guided inquiry berbantuan aplikasi Edmodo yang layak untuk meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMA, (2) mengetahui peningkatan penguasaan materi fluida statik peserta didik SMA setelah mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis guided inquiry berbantuan aplikasi Edmodo, (3) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMA setelah mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis guided inquiry berbantuan aplikasi Edmodo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D menurut Thiagarajan dan Semmel yang memiliki 4 tahap: define, design, develop, dan disseminate. Uji coba produk meliputi uji coba terbatas pada peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Kota Mungkid dan uji coba lapangan pada peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Produk penelitian pengembangan ini berupa perangkat pembelajaran berbasis guided inquiry berbantuan aplikasi Edmodo pada materi pokok fluida statik. Data penguasaan materi dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dijaring menggunakan instrumen tes. Kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilihat dari skor penilaian validator dan respon peserta didik. Peningkatan penguasaan materi dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dilihat dari nilai Standar Gain berdasarkan hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk perangkat pembelajaran berbasis guided inquiry berbantuan aplikasi Edmodo yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMA dan (2) perangkat pembelajaran berbasis guided inquiry berbantuan aplikasi Edmodo dapat meningkatkan penguasaan materi fisika peserta didik dengan standar gain 0,77 kategori tinggi, dan (3) perangkat pembelajaran berbasis guided inquiry berbantuan aplikasi Edmodo dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan standar gain 0,36 kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis guided inquiry, aplikasi Edmodo, penguasaan materi fisika, keterampilan berpikir kreatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 24 Jul 2019 06:40
Last Modified: 24 Jul 2019 06:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64695

Actions (login required)

View Item View Item