PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBASIS WEBQUIZ KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI PESERTA DIDIK SMA

Fitriadi, Prasetyo and Wiyatmo, Yusman (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBASIS WEBQUIZ KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WEBQUIZ KAHOOT FULL.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa instrumen penilaian model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis Webquiz Kahoot materi gelombang bunyi yang layak untuk pembelajaran; (2) mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika kelas XI materi gelombang bunyi setelah menggunakan instrumen penilaian model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis Webquiz Kahoot;(3) mengetahui seberapa besar peningkatan penguasaan materi fisika peserta didik pada mata pelajaran fisika kelas XI materi gelombang bunyi setelah menggunakan instrumen penilaian model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis Webquiz Kahoot. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan desain 4D Models yang terdiri dari empat tahap yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen penilaian yang dikembangkan diujicobakan kepada 15 peserta didik kelas XI MIPA 4 SMAN 4 Yogyakarta untuk uji coba terbatas dan 32 peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 4 Yogyakarta untuk uji coba lapangan. Kelayakan instrumen penelitian dilihat dari skor penilaian validator dan angket respon peserta didik. Peningkatan motivasi peserta didik dianalisis menggunakan standard gain berdasarkan skor lembar angket motivasi peserta didik. Penguasaan materi peserta didik dianalisis menggunakan standard gain berdasarkan nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen penilaian model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis Webquiz Kahoot materi gelombang bunyi yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan materi peserta didik berdasarkan skor rerata total penilaian validator sebesar 3,5 dengan kategori sangat baik; (2) instrumen penilaian model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis Webquiz Kahoot dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik ditunjukkan dengan nilai standard gain sebesar 0,102 dengan kategori rendah; (3) instrumen penilaian model pemmbelajaran kooperatif tipe TGT berbasis Webquiz Kahoot dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik ditunjukkan dengan nilai standard gain sebesar 0,532 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, TGT, Webquiz Kahoot, motivasi belajar, dan penguasaan materi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 24 Jul 2019 06:41
Last Modified: 24 Jul 2019 06:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64694

Actions (login required)

View Item View Item