Pratiwi, Anggi Fatmala (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS II SD NEGERI 1 KALIBEBER WONOSOBO MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA GASING. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Anggi Fatmala Pratiwi.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar perkalian pada siswa kelas II SDN 1 Kalibeber melalui pembelajaran Matematika GASING. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas II SDN 1 Kalibeber Wonosobo sebanyak 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dan siklus kedua dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika GASING yang menggunakan media benda konkret dan semi konkret serta penjumlahan berulang dengan cara cepat, dapat meningkatkan prestasi belajar perkalian siswa kelas II SDN 1 Kalibeber Wonosobo. Hal itu ditunjukkan oleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pre test sebesar 42%, akhir siklus I sebesar 65%, dan akhir siklus II sebesar 84%, sedangkan nilai rata-rata tes sebelum tindakan adalah 60,48, akhir siklus I 70,42, dan akhir siklus II 76,13. Kata kunci : Prestasi belajar perkalian, Pembelajaran Matematika GASING.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 04 Oct 2012 00:16 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6469 |
Actions (login required)
View Item |