PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEMUTUK MAGELANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Fajarudin, Kartiko (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEMUTUK MAGELANG TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Kartiko Fajarudin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri Kemutuk Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode kolaboratif yang menciptakan kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Kemutuk yang berjumlah 14 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Kemutuk Magelang. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari persentase siswa yang mencapai ketuntasan pada pra tindakan siswa yang lulus KKM yaitu dari 54,50 atau 7,15% pada pra tindakan meningkat menjadi 64,76 atau 50% pada siklus I, dan menjadi 77,96 atau 85,70% pada siklus II. Tindakan penelitian ini tidak dilanjutkan pada siklus III karena telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Kata kunci: hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe STAD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Jul 2019 08:36
Last Modified: 22 Jul 2019 08:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64685

Actions (login required)

View Item View Item