Saputra, Rozan Pajri Sandria (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PENGGUNAAN TOTAL STATION UNTUK PENGUKURAN STAKE OUT GEDUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (872kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan konsep media pembelajaran berbasis video animasi pengukuran stake out gedung; (2) Menghasilkan rancangan media pembelajaran berbasis video animasi pengukuran stake out gedung; (3) Memvalidasi media pembelajaran berbasis video animasi pengukuran stake out gedung; (4) Menyebarluaskan media pembelajaran berbasis video animasi pengukuran stake out gedung. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) oleh Thiagarajan, meliputi empat tahapan, yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa angket dengan skala likert 4 pilihan jawaban. Angket tersebut digunakan dalam proses validasi ahli dan penilaian kelayakan oleh pengguna (mahasiswa). Data hasil angket dianalisis secara kuantitatif. Selanjutnya hasil analisis digunakan untuk revisi media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran memperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) diperoleh konsep media pembelajaran berbasis video animasi dengan materi pengukuran stake out gedung; (2) rancangan awal media terdiri dari lima menu utama; (3) berdasarkan penilaian ahli materi video pembelajaran masuk dalam kategori “sangat layak” dengan perolehan persentase 85.278% dari 5 aspek yang telah dinilai; berdasarkan penilaian ahli media video pembelajaran masuk dalam kategori “sangat layak” dengan perolehan persentase kelayakan 90.409% dari tiga aspek yang telah dinilai; berdasarkan penilaian pengguna (mahasiswa) video memperoleh persentase 81.306% kategori “sangat layak”; (4) penyebaran dilakukan dengan dua cara yaitu secara offline menggunakan flashdisk dan online melalui youtube.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, total station, stake out, penelitian R&D |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 08:31 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 08:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64683 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |